Koneksi Database Firebird di VB 2010 Express

Visual Basic 2010 adalah aplikasi pemrograman versi terbaru dari Visual Basic. Rasa-rasanya dunia IT sangat cepat berkembang. Baru kemarin belajar VB 6 dan sampai sekarang MASIH menggunakan VB 6 tapi sudah keluar VB 10, benar-benar ketinggalan jaman.

Agar saya tidak benar-benar tertinggal oleh jaman, saya mencoba membuat penulisan ilmiah di post saya sebelumnya menggunakan Visual Studio 2010. Karena baru belajar pertama kali, banyak sekali kesulitan yang dihadapi. Oleh karena itu, saya coba berbagi ilmu dengan harapan ilmu yang saya dapatkan dapat bertambah seiring banyaknya teman-teman yang mau share juga. ^_^

OK! Langsung ke pokok permasalahan.

Referensi yang digunakan pada coding ini adalah FirebirdSql.Data.FirebirdClient yang dapat di download di http://www.firebirdsql.org/en/net-provider/. Sebagai tambahan informasi, jika database Ms. Access maka referensi yang digunakan adalah OleDbConnection dan jika database lain dapat mencoba referensi System.Data.



1. Deklarasi variabel koneksi

Public mConn As New FirebirdSql.Data.FirebirdClient.FbConnection

2. Connection String 
Public Const constKoneksiString As String = "Port=3010;User=SYSDBA;Password=masterkey;DataBase=lokasifiledatabasenya.fdb"

3. Action!!
      Try
         If mConn.State <> 0 Then mConn.Close()
         mConn.ConnectionString = constKoneksiString
         mConn.Open()
      Catch ex As Exception
         MsgBox("Error: " & ex.Message, MsgBoxStyle.Critical + _
               MsgBoxStyle.ApplicationModal + MsgBoxStyle.OkOnly, _
               "Koneksi Error")
      End Try


Nah, 3 kode di atas adalah inti dari pengkoneksian database Firebird pada Visual Studio 2010. Gampang kan? ^_^ Enjoy!
 

0 komentar: